Mengenal Konsep Ikigai Jepang yang Jadi Inspirasi Desain Apartemen



Liputan6.com, Jakarta – Bertmbah satu lagi hunian apartemen di Jakarta. Kali ini ada Farpoint yang bermitra dengan Tokyo Tatemono. Keduanya merupakan pengembang real estate terkemuka dari Indonesia dan Jepang.

Mereka meluncurkan konsep transformable living terbaru di Jakarta Selatan, The Loggia, lewat desain multifungsi yang mengutamakan kenyamanan. Dengan furnitur dan ruang penyimpanan yang transformable, apartemen 20 tingkat di kawasnn Jakarta Selatan ini mengedepankan desain istimewa dengan efisiensi tempat dan area yang membuat setiap penghuninya bisa lebih bebas bereksplorasi.

Mereka mewujudkan hunian yang lebih lapang atau the art of spacious living, lewat konsep “Reversibility into Emptiness,” Farpoint berkolaborasi dengan firma desain papan atas Jepang, Atelier Bow-Wow (ABW) untuk menghasilkan desain ruang yang inovatif.

“Kami menghadirkan konsep hunian vertikal baru demi menjawab tantangan, sekaligus memaksimalkan kenyamanan bagi masyarakat yang ingin tinggal di tengah kota, dengan beragam fitur efisien yang bisa berubah fungsi kapanpun sesuai kebutuhan,” terang Mulyadi Janto, Head of Residential SBU Farpoint, Kamis, 14 Maret 2019, dalam keterangan tertulis yang diterima Liputan6.com.

Yang juga menarik adalah konsep transformable pada apartemen ini terinspirasi dari konsep “ikigai,” yang menerjemahkan rahasia hidup panjang dan bahagia masyarakat Jepang, lewat prinsip minimalis dan decluttering.

Apa sebenarnya konsep ikigai sehingga bisa menginspirasi konsep apartemen? Dilansir dari laman Inovasee dan Forbes, ikigai merupakan filosofi yang sudah ada sejak lama, sebuah terminologi yang memasukkan ide kebahagiaan dalam hidup.

Ikigai adalah sebuah tujuan, juga tentang menemukan dan menghargai kebahagiaan hidup yang memiliki arti bagi diri sendiri. Di Jepang, khususnya di daerah Okinawa, ikigai dipercaya sebagai kunci untuk berumur panjang dan hidup bahagia.

Pada dasarnya, ikigai adalah alasan mengapa Anda bangun di pagi hari.Bagi orang di Barat yang sudah akrab dengan konsep ini, ikigai kerap diasosiasikan dengan diagram Venn dengan empat kualitas yang saling tumpang tindih: apa yang Anda sukai, apa yang Anda kuasai, apa yang dibutuhkan dunia, dan apa yang dibayar dari Anda.



Link sumber berita

Penulis : Henry

Tanggal posting : 2019-03-15 08:15:56

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *