Ujian Ringan Bagi Atlet Selam Jatim Jelang PON


JawaPos.com – Beragam tujuan terkandung pada pelaksanaan Kejuaraan Daerah (Kejurda) selam nomor kolam finswimming 2019. Salah satunya, ajang ini akan menjadi tes bagi para atlet sebelum diterjunkan ke Pra Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Papua.

Walaupun hanya sekelas Kejurda, Pengprov POSSI Jawa Timur (Jatim) mempersilahkan atlet Pemusatan Latihan Daerah (Puslatda) untuk ikut. Mereka akan bergabung dengan daerahnya masing-masing.

“Kami ingin mencari atlet-atlet yang bisa mewakili Jawa Timur di event nasional dan internasional.  Selain pembibitan, ajang ini sekaligus menjadi evaluasi atlet Puslatda,” ucap Ketua POSSI Jatim Mirza Muttaqien, Kamis (14/3) siang.

“Ini sebagai salah satu tolak ukur untuk melakukan promosi dan degradasi atlet Puslatda. Untuk atlet Puslatda yang turun di event ini, kami memiliki ukuran khusus untuk menilai mereka. Meskipun secara umum, pertandingannya sama,” imbuhnya.

POSSI Jatim berharap akan muncul bibit unggul dari kejuaraan ini. Sebab para pemenang berpotensi untuk dikirim ke Kejuaraan Nasional (Kejurnas). Mereka juga berkesempatan main di PON XX Papua tahun depan.

“Kami juga akan menggelar tes prestasi. Dari hasil tes prestasi ini, kami berharap bisa membentuk tim yang akan turun pada pra-PON,” kata Mirza.

Bukan hanya itu, event ini juga dinilai bermanfaat untuk memantau kekuatan para pesaing sebelum berlaga di Porprov VI 2019, Juli mendatang. “Ini salah satu ukuran untuk membentuk tim di daerah masing-masing,” tutupnya.

Editor           : Banu Adikara

Reporter      : Muhammad Syafaruddin





Link sumber berita

Penulis :

Tanggal posting : 2019-03-15 00:00:18

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *